Home » , , » Manfaat Kakao Untuk Kesehatan

Manfaat Kakao Untuk Kesehatan



Sejak zaman kuno kakao atau biji cokelat dianggap sebagai produk makanan yang berharga. Menurut Montezuma, yang emperot Aztec, itu adalah minuman para prajurit dan elit sosial, dan memiliki fitur yang sakral dan khidmat. Linne, ahli botani Swedia populer, bernama ramuan ini Theobroma kakao L, dan kata 'theobroma' berarti 'makanan para dewa. "

Cocoa tumbuh di pohon dengan tinggi rata-rata 4-8 meter dan itu adalah bagian dari keluarga tanaman cemara Sterculiaceae. Ini berasal di daerah tropis di Amerika Selatan, dan buah-buahan yang banyak digunakan dalam produksi bubuk kakao dan cokelat.

buah kakao sebenarnya berbentuk telur polong yang menimbang 500g rata-rata dan menghasilkan 30 cm. Setiap pod berisi 20-60 biji.

Buburnya digunakan dalam produksi jus, dan kacang digunakan sebagai bahan baku dalam proses produksi kakao bubuk dan mentega (biji kakao mengandung sampai lemak 50%). Cocoa juga mengandung theobromine, alkaloid yang mirip dengan kafein.

Dalam bentuk liar, kakao saat ini tumbuh di kaki bukit Andes, pada ketinggian 200-400 meter, di daerah Amazon dan dekat sungai Orinoco. Christopher Columbus adalah orang Eropa pertama yang menemukan kakao, yang menyebutnya 'aneh-cari hazelnut'.

Sebagai minuman, kakao pertama kali dibawa ke Eropa pada tahun 1519.

Manfaat kesehatan dari Cocoa
kakao mentah (biji, potongan atau bubuk) dianggap sebagai salah satu makanan yang paling gizi di dunia, berkat sifat gizi.

Untuk itu alasan kakao juga merupakan bagian dari kelompok makanan super.

Manfaat Kakao:
  • melindungi tubuh dari radikal bebas
  • mengurangi stres dan depresi
  • melindungi terhadap penyakit kardiovaskular
  • melindungi terhadap berbagai jenis kanker
  • Ini adalah sumber yang sangat baik dari besi
  • mengatur gula darah dan kolesterol
  • mempromosikan memori yang lebih baik dan konsentrasi
  • mengurangi risiko serangan jantung
  • mengatur tekanan darah
Kakao mengandung lebih dari 300 bahan kimia dengan efek positif pada kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kakao merupakan sumber yang sangat kaya antioksidan yang bertanggung jawab untuk kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan melindungi organisme dari berbagai penyakit dan radikal bebas yang merupakan penyebab utama penuaan dini.

Ini memiliki konsentrasi tertinggi antioksidan, dibandingkan dengan makanan lain di dunia. Antioksidan ini termasuk polifenol, catechin dan epicatechins. Kakao memiliki antioksidan lebih dari anggur hitam, blueberry, acai berry, rosehip, dan goji berry

Ini benar-benar bermanfaat dalam menghilangkan stres, berkat kandungan mineral yang tinggi (terutama magnesium). Magnesium sangat penting bagi lebih dari 300 proses dalam organisme - mulai dari pencernaan ke jantung dan fungsi otak.

Kakao mengandung katekin, polypenols yang diyakini melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, dan banyak penyakit lainnya.

Selain itu, kakao merupakan sumber yang sangat baik dari besi, kromium, mangan, seng, dan vitamin C. 28g kakao akan menyediakan hingga 314% dari asupan harian yang direkomendasikan dari besi.

Menurut hasil studi yang dilakukan International Diabetes Institute di Australia, penderita diabetes yang mengonsumsi coklat secara teratur memiliki tekanan darah secara signifikan lebih baik dan risiko yang lebih rendah dari penyakit jantung dan serangan jantung.

Tanaman yang indah ini juga mengandung PEA (phenylethylamine). Ini adalah satu set senyawa yang tubuh Anda mengeluarkan ketika Anda sedang jatuh cinta, sehingga tidak mengherankan bahwa banyak menggantikan kebutuhan cinta dengan cokelat yang kaya kakao.

Cocoa juga mengandung serotonin dan dopamin, hormon kebahagiaan. Biji kakao kaya akan asam lemak omega-6 yang menyehatkan otak dan membantu fungsi keseluruhan organisme.

Mempertimbangkan di atas, pastikan bahwa kakao menjadi bagian dari diet sehari-hari Anda sesegera mungkin.

Namun, mengonsumsi cokelat secara teratur (mungkin gelap karena dapat) tidak berarti bahwa Anda mengkonsumsi kakao yang sehat. Sayangnya, selama kakao proses produksi dimasak pada panas tinggi, sehingga kehilangan sebagian besar nutrisi dan sifat penyembuhan.


Beli murni, kakao organik dan menikmati manfaatnya! Mungkin makanan para dewa menjadi makanan Anda juga!